Saturday, March 10, 2018

Bahaya Radiasi HP Bagi Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

Jaman sekarang ini gak Cuma anak-anak alay aja yang gak bisa lepas dari yang namanya ponsel alias HP, Ibu-Ibu hamil pun biasanya gak mau lepas dari benda yang satu ini. Bahkan kalau boleh di ibaratkan HP itu udah kayak anak tiri tersayang hehe, jujur sih Bun saya juga kayak gitu. Cuma bedanya baru bisa make HP bebas pas si dede udah mulau gede. Waktu hamil dulu mah HP ibarat ngeliat kecoak yang sebisa mungkin dihindari. Karena emang faktanya meski HP sangat membantu tapi radiasinya itu bahaya Bun.
Ya Bunda, ponsel itu tanpa kita sadari memancarkan radiasi. Nah, radiasinya itulah yang gak baik buat kesehatan. Gak Cuma untuk Ibu hamil sih tapi untuk siapa aja sebenarnya bahaya, tapi khusus untuk Bunda yang sekarang lagi mengandung saya akan menjelaskan sedikit bahaya radiasi HP bagi Ibu hamil. Demi si kecil kan gak masalah ya Bun kalau harus “musuhan” sama HP untuk sementara waktu.
Nah, apa aja sih bahayanya? Untuk Bunda berikut bahaya radiasi HP bagi Ibu haml dan cara mencegahnya.

Baca Juga : Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah Dalam 1 Minggu

Bahaya Radiasi Hp Bagi Ibu Hamil
Bun, dari beberapa sumber dan pendapat sejumlah pakar kehamilan, setidaknya ada 5 bahaya radiasi HP bagi Ibu hamil, apa saja?
Yang pertama, radiasi HP ternyata dapat memicu kanker, mengerikan kan Bun? Ternyata radiasi HP bisa memicu penyakit kanker, pasalnya radiasi microwafe yang ada di HP bisa menembus masuk ke dalam lemak yang memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Karena itu sebaiknya Bunda tidak sering meletakkan HP dalam saku celana atau baju, apalagi makenya sambil di taruh di perut.
Yang kedua, radiasi HP bisa menyebabkan keguguran. Bagi semua Ibu hamil keguguran adalah mimpi buruk yang paling tidak diinginkan. Jelas dong Bun, mana ada Ibu hamil yang pengen janinnya gugur iya kan?  Nah, ternyata nih Bun, radiasi HP bisa memicu keguguran khususnya bagi Ibu hamil yang usia kehamilannya baru memasuki usia 2 sampai 3 bulan.
Yang ketiga, radiasi HP bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Keguguran terjadi karena adanya gangguan pada kehamilan, bisa dipicu oleh faktor luar tapi juga bisa dari dalam yaitu pengaruh tumbuh kembang janin. Nah, Bun ternyata radiasi HP pun bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang janin. Bunda harus ekstra waspada nih ya!
Yang keempat, radiasi HP bagi Ibu hamil itu bisa memicu bayi jadi hiperaktif. Salah satu bentuk gangguan yang paling terlihat pada tumbuh kembang janin adalah tumbuh kembang otak dan kepribadiannya. Nah, menurut peneliti dari Yale School of Medicine, radiasi ponsel dapat membuat bayi jadi hiperaktif.
Dan yang kelima, radiasi HP ternyata berisiko membuat tumbuh kembang otak janin terganggu. Seperti yang saya sebut di atas, otak adalah salah satu organ janin yang paling terkena dampak dari penggunaan ponsel yang kurang bijak. Apalagi kita tahu otak janin itu dua bahkan tiga kali lebih sensitif. Salah satu efek gangguan otak yang dipicu oleh radiasi ponsel adalah menyebabkan bayi lahir dengan memori rendah. Alias bayi berisiko lebih gampang lupa.

Cara Mencegah Radiasi HP
Nah, Bun tentu Bunda tidak mau semua bahaya di atas terjadi pada si kecil bukan? untuk itu langkah terbaik agar semua risikonya dapat terhindar adalah dengan mencegah. Apa saja yang sebaiknya Bunda lakukan untuk mencegah radiasi HP yang berbahaya itu? Gak sulit kok Bun, yuk kita bahas bersama:
  • Hindari meletakkan HP di saku celana atau baju, seperti yang sudah Bunda tahu radiasi HP berisiko membuat sel-sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh, tahu sendiri kan kanker itu penyakit mematikan? Nah untuk mencegahnya penting agar Bunda tidak menaruh HP di saku baju atau celas, paling aman taruh HP Bunda di tas, hindari sentuhan langsung HP dengan tubuh apalagi dalam jangka waktu lama
  • Jangan posisikan HP di atas perut, beberapa Ibu hamil nih sering kayak gini, saking asiknya main HP waktu hamil perutnya yang membesar malah kayak dijadiin sandaran buah HP, usahakan agar Bunda tidak melakukan itu, menaruh HP di atass perut yang sedang mengandung janin justru meningkatkan risiko radiasi HP terpapar pada janin, kalau pun Bunda ingin mendengarkan musik sebaiknya gunakan earphone atau speaker
  • Jauhkan ponsel dari kepala Bunda, kadang saking gak maunya lepas waktu tidur HP sering banget di taruh di samping bantal, kebiasaan ini buruk Bun bahkan berbahaya untuk Bunda, terlalu sering terkena radiasi HP apalagi di kepala berisiko buruk terhadap otak Bunda, usahakan agar HP ditaruh minimal 2 meter dari kepala Bunda
  • Hindari mengangkat telepon langsung lewat HP, sebaiknya Bunda menggunakan earphone atau handsfree saat menelpon atau menerima teleon, ini penting agar bagian kepala Bunda tidak terpapar langsung dengan radiasi HP
  • Hindari sinar HP yang terlalu cerah, saat memakai HP penting agar Bunda bisa mengurangi kecerahan layar HP Bunda, kecerahan HP itu juga gak kalah bahayanya Bun dengan radiasi HP bahkan bisa merusak penglihatan Bunda apalagi kalau di pake saat lampu dipadamkan, nyaman sih tapi kalau bikin rusak mata?
  • Yang paling penting segera periksakan kondisi kesehatan Bunda juga Bunda mengalami gejala pusing, mata berkunang-kunang dan gejala lainnya akibat penggunaan HP
Sumber : infosehatwanita.com



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah bekunjung